Kehidupan Modern Di Perkotaan







KEHIDUPAN MASYARAKAT MODERN DI PERKOTAAN


Kehidupan Masyarakat Modern di Perkotaan

Bab I
  1. LATAR BELAKANG
Seiring dengan berjalannya waktu, kehidupan sosial budaya pada masyarakat juga mengalami perubahan. Perubahan kehidupan sosial budaya pada masyarakat disebabkan adanya modernisasi dalam bidang iptek. Cara hidup yang dahulunya tradisional secara perlahan dengan berjalannya waktu berubah menjadi modern. perkemabangan sosial dan budaya pun ikut berkembang menjadi masyarakat yang berpikir lebih maju dan berkembang.

Bab II
PEMBAHASAN
#PENGERTIAN
  1. Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata “masyarakat” sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur
Modernisasi dalam ilmu sosial merujuk pada sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur.
Masyarakat modern adalah masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai nilai budaya yang terarah ke kehidupan dunia masa kini. Masyarakat modern relatif bebas dari kekuasaan adat-istiadat lama. Karena mengalami perubahan dalam perkembangan zaman ini.

2.CIRI CIRI MASYARAKAT MODERN
Hubungan antar manusia didasarkan atas kepentingan pribadi.
Tingkat pendidikan formal pada umumnya tinggi dan merata. Alam tidak lagi penunjang utama bagi kehidupan mereka seperti yang dialami masyarakat tradisional. Sebaliknya alam dikendalikan dengan kemampuan pengetahuan mereka dalam menunjang kehidupan yang lebih baik.
Masyarakat kota umumnya hidup dari sektor industri, selain itu mereka juga hidup dari sektor perdagangan kepariwisataan, dan jasa lainnya. Sistem mata pencaharian sektor industri mempengaruhi segi-segi kehidupan sosial masyarakat modern antara lain mempengaruhi pembentukan sistem pelapisan sosial, organisasi sosial, pola-pola perilaku, nilai dan norma sosial, kekuasaan dan wewenang dan segi-segi kehidupan lainnya yang merupakan ciri-ciri masyarakat modern.
Faktor penyebab adanya masyarakat modern:
  • Perkembangan IPTEK
  • Perkembangan ekonomi
  • Perkembangan industri

  1. KEHIDUPAN MASYARAKAT MODERN
Masyarakat modern identik dengan masyarakat perkaotaan karena gaya hidup yang masyarakat modern dengan masyarkat perkotaan sama. Dibandingkan dengan masyarakat pedesaan, masyarakat modern lebih maju. Tetapi dari segi kebudayaan masyarakat modern tidak seperti masyarakat pedesaan yang lebih menjunjung tinggi nilai kebersamaan mereka.
Aspek kehidupan masyarakat modern mencakup dari:
  • fasilitas hidup
perlengkapan hidup mencakup pakaian, perumahan, alat-alat rumah tangga, dan transportasi modern berbeda dengan masyarakat tradisional sebagai contoh dalam hal transportasi masyarakat modern menggunakan mobil untuk membantu mobilitas dalam kehidupan.
  • hubungan antar manusianya atas kepentingan pribadi
  • mata pencaharian mereka mayoritas adalah sebagai pegawai kantor/buruh pabrik itu dikarenakan adanya kemajuan di bidang industri
  • dan kebisasaan masyrakat modern yang selalu menginginkan sesuatu secara instan tanpa melalui tahapan tahapan tertentu dengan alasan yang untuk mempersingkat waktu.
  • kebudayaaan karena masyarakat modern sifatnya terbuka akan hal hal baru maka dampak negatifnya masyarakat modern akan mudah kehilangan identitas kebudayaan dirinya contohnya saja seperti masyarakat kita yang senang dengan budaya asing dan mengesampingkan budaya asal/lokalnya sendiri,

  1. DAMPAK YANG TERJADI PADA MASYARAKAT MODERN
Dengan adanya modernisasi memimiliki dampak positif bagi masyarakat modern dari segala aspek kehidupan yaitu masyarakat mengalami peningkatan kesejahteraan.
Dampak negatif yang terjadi adalh penyalahgunaan teknologi dan masayraakt akan anti-sosial atau tidak mau berinteraksi dengan masyarakat lain, serta norma norma yang mulai luntur oleh budaya budaya asing

Bab III
PENUTUPAN
KESIMPULAN
modernisasi sudah tidak bisa dihindari lagi oleh masyarakat dan seiring dengan  perkembangan iptek maka akan banyak sesuatu yang baru yang dapat memepermudah kegiatan manusia yang tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. seperti yang diseubutkan di bab II tadi tentang dampak buruk yang terjadi maka sebaiknya kita untuk melandasi kehidupan bermasyarakat dengan norma norma yang sudah ada untuk menjaga identitas budaya kita

Daftar Pustaka

MuhdFauzan

Baru belajar, maklum :D.

No comments:

Post a Comment